“Manfaat Blog Guru/Dosen Bagi Peserta Didik Dalam Pendidikan”

Blog merupakan salah satu tehnologi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh semua guru/dosen kepada peserta didik. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari adanya blog yang dimiliki oleh guru/ dosen bagi peserta didik. Secara umum dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Guru dapat menuliskan tugas yang akan diberikan pada siswanya, dengan cara ditulis pada halaman blog yang telah disiapkan
2. Dengan tugas yang telah disiapkan dalam blog, maka siswa diharuskan membuka blog milik guru sesuai alamat yang diberikan dari guru
3. Dengan adanya blog, siswa dapat sekaligus berlatih mengenai kecanggihan tehnologi.
4. Melatih kemandirian siswa , dengan tidak bergantung pada penjelasan guru mengenai tugas yang akan dikerjakan, tetapi dengan adanya tugas yang telah disiapkan dalam blog, siswa dapat berlatih untuk menelaah maksud dari tugas tersebut.
5. Melatih kreatifitas anak didik dan lebih semangat dalam belajar, karena dapat bergaul dengan tehnologi.
Hal diatas merupakan sebagian dari manfaat blog bagi pendidikan, karena sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat diambil dari penggunaan blog dalam pendidikan. Melihat manfaat dalam dunia pendidikan, maka secara tidak langsung ada dua pihak yang terlibat dengan adanya manfaat dari blog ini, dua pihak yang dimaksud adalah pendidik ( guru/dosen) dan terdidik (siswa/mahasiswa). Dalam hal ini pendidik, mempunya kewajiban untuk tidak gaptek (gagap tehnologi). Seorang pendidik harus benar-benar bisa menggunakan fasilitas tehnologi yang mungkin saat ini bukan hal yang tabu lagi. Seorang pendidik dituntut untuk lebih explor terhadap perkembangan tehnologi, karena semua hasil sepak terjang guru/dosen dalam mengikuti maraknya tehnologi adalah semata-mata untuk anak didiknya. Ada banyak macam dan bentuk tehnologi yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, salah satunya yaitu dengan penggunaan fasilitas jenis wodpress, yaitu BLOG.
Blog juga dapat dikatakan sebagai hasil kreatif, dan karya seseorang dalam menciptakan sesuatu. Isi dalam blog tidak selamanya hasil/ciptaan dari si pemilik blog akan tetapi dapat pula diambil dari alamat lain (karya orang lain), dengan asumsi, nama pengarang dicantumkan dibagian blog. Dari pihak terdidik (siswa/mahasiswa), secara umum mereka sebagai penerima, bukan penerima hasil dari kecanggihan tehnologi akan tetapi penerima bimbingan dari adanya macam dan perkembangan tehnologi. Namun ada kemungkinan mereka belajar menemukan sendiri tentang tehnologi itu, pada contoh yang sama yaitu guru dalam melatih pembuatan blog.
Dengan jiwa muda dan kreatifitas yang dimiliki siswa, maka akan membuka kemungkian bahwa mereka akan dapat menghasilkan blog yang bermanfaat. Hal ini dikarenakan blog bukan hanya sekedar persoalan mempostig halaman, member gambar/foto pada halaman galeri blog, akan tetapi lebih kepada manfaat dari blog itu, karena dengan adanya pengunjung blog, artinya blog kita telah dibaca oleh seseorang/ pihak lain. jadi dapat disimpulkan bahwa ada banyak manfaat dengan adanya blog, karena dapat memudahkan kita dalam mencari informasi, baik bagi pengajar ataupun bagi anak didik dalam proses pembelajaran.

karya: novia gita naurani
email :chandra.noviagitanaurani6@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: